Selasa, 29 November 2011

Sound System

Komponen Sistem


Transduser input

Banyak jenis masukan transduser dapat ditemukan dalam sistem penguatan suara, dengan mikrofon menjadi perangkat input yang paling umum digunakan. Mereka dapat diklasifikasikan menurut metode mereka dari transduksi, pola pickup (atau kutub) atau aplikasi fungsional mereka. Mikrofon yang paling banyak digunakan dalam penguatan suara yang baik dinamis atau kondensor mikrofon.
Mikrofon yang digunakan untuk penguatan suara ditempatkan dan dipasang dalam banyak cara, termasuk basis-tertimbang berdiri tegak, gunung podium, dasi-klip, gunung instrumen, dan gunung headset. Headset terpasang dan dasi-klip mikrofon terpasang yang sering digunakan dengan transmisi nirkabel untuk memungkinkan pemain atau speaker untuk bergerak bebas. Pengadopsi awal headset mikrofon terpasang teknologi termasuk penyanyi country Garth Brooks , [6] Kate Bush , dan Madonna . [7]
Ada banyak jenis transduser input yang dapat digunakan sesekali, termasuk pickup magnetik yang digunakan dalam gitar listrik dan bass listrik, hubungi mikrofon digunakan pada instrumen senar, dan piano dan fonograf pickup (cartridge) yang digunakan dalam catatan pemain.Teknologi nirkabel telah menjadi populer dalam penguatan suara, biasanya digunakan untuk gitar listrik, bass, dan mikrofon genggam. Hal ini memungkinkan pemain bergerak panggung selama pertunjukan tanpa khawatir tersandung kabel atau mencabut.

Mixer Konsul

Mencampur konsol adalah jantung dari sistem penguatan suara. Ini adalah di mana operator dapat mencampur, menyamakan dan menambahkan efek ke sumber suara.Beberapa konsol dapat digunakan untuk aplikasi yang berbeda dalam sistem penguatan suara tunggal. Front House (FOH) mixing console harus terletak di mana operator dapat melihat aksi di panggung dan mendengar output dari sistem pengeras suara. Beberapa tempat dengan sistem diinstal secara permanen seperti fasilitas keagamaan dan teater tempat mixing console dalam sebuah bilik tertutup tetapi pendekatan ini lebih umum untuk siaran dan aplikasi perekaman. Ini jauh kurang umum pada reproduksi suara hidup karena insinyur melakukan yang terbaik ketika mereka dapat mendengar apa yang penonton mendengar. kutipan diperlukan ]
Produksi musik besar sering menggunakan monitor konsol pencampuran tahap terpisah yang didedikasikan untuk menciptakan campuran untuk di panggung-pemain 'atau di-telinga monitor. Konsol ini biasanya ditempatkan di sisi panggung sehingga operator dapat berkomunikasi dengan para pemain di panggung. [8] Dalam kasus di mana pemain harus bermain di tempat yang tidak memiliki seorang insinyur monitor dekat panggung, monitor pencampuran dilakukan oleh insinyur FOH dari konsol FOH, yang terletak di antara penonton atau di belakang aula. Susunan ini dapat menjadi masalah karena para pemain akhirnya harus meminta perubahan untuk memantau bercampur dengan "... tangan sinyal dan frase samar pintar".Insinyur itu juga tidak bisa mendengar perubahan yang ia berlaku untuk monitor di panggung, sering menghasilkan penurunan kualitas campuran. [9]


Prosesor Sinyal


Prosesor sinyal digital

Kecil PA sistem untuk tempat-tempat seperti bar dan klub sekarang tersedia dengan fitur yang sebelumnya hanya tersedia pada tingkat profesional peralatan, seperti efek reverb digital, equalizers grafis, dan, dalam beberapa model, umpan balik pencegahan sirkuit elektronik yang masuk akal dan mencegah umpan balik "menderu" sebelum mereka menjadi masalah. Efek digital mungkin menawarkan beberapa unit pre-set variabel dan reverb, echo dan efek terkait. Loudspeaker sistem manajemen digital menawarkan insinyur suara digital delay, membatasi, fungsi crossover, filter EQ, kompresi dan fungsi lain dalam unit rak-mountable tunggal. Dalam beberapa dekade sebelumnya, insinyur suara biasanya harus mengangkut sejumlah besar rack-mount perangkat analog untuk menyelesaikan tugas ini.


Equalizer

Equalizers ada dalam sistem penguatan suara dalam dua bentuk: grafis dan parametrik. Sebuah high-pass (rendah-potong) dan / atau low-pass (high-cut) filter juga dapat dimasukkan. Parametrik equalizer sering dibangun ke dalam setiap saluran dalam pencampuran konsol dan juga tersedia sebagai unit terpisah. Equalizers Parametrik pertama menjadi populer pada 1970-an dan tetap equalizer program pilihan bagi banyak insinyur sejak saat itu.
Equalizers grafis memiliki fader (kontrol geser) yang bersama-sama menyerupai kurva respon frekuensi diplot pada grafik. Sistem penguatan suara biasanya menggunakan equalizers grafis dengan sepertiga oktaf pusat frekuensi. Ini biasanya digunakan untuk menyamakan sinyal output akan sistem loudspeaker utama atau monitor di panggung.
High-pass (rendah-potong) dan low-pass (high-cut) filter membatasi saluran yang diberikan itu bandwidth yang ekstrem. Pemotongan energi frekuensi sangat rendah (disebut infrasonik , atau subsonik, keliru) mengurangi pemborosan daya amplifier yang tidak menghasilkan suara dan yang dapat sulit apalagi pada speaker. Sebuah low-pass filter untuk memotong ultrasonik energi berguna untuk mencegah gangguan dari frekuensi radio, kontrol pencahayaan, atau sirkuit digital merayap ke power amplifier. Filter seperti ini sering disertakan dengan grafis dan parametrik equalizers untuk memberikan kontrol penuh dari rentang frekuensi. Jika respon mereka cukup curam, tinggi-pass filter dan low-pass filter berfungsi sebagai ujung-potong filter klarifikasi diperlukan ]. Sebuah penekan umpan balik secara otomatis disesuaikan band-menolak atau Filter takik yang mencakup mikroprosesor untuk mendeteksi terjadinya umpan balik dan langsung filter untuk menekan umpan balik dengan menurunkan gain pada frekuensi yang tepat menyinggung.

Kompresor

Kompresor dirancang untuk mengelola jangkauan dinamis dari sinyal audio. Sebuah kompresor menyelesaikan ini dengan mengurangi gain dari sinyal yang berada di atas tingkat didefinisikan (ambang batas) dengan jumlah yang ditentukan (rasio). Tanpa ini pengurangan gain, sinyal yang mendapat, katakanlah 10% lebih keras sebagai input, akan menjadi 10% lebih keras pada output. Dengan mendapatkan berkurang, sebuah sinyal yang mendapat 10% lebih keras pada masukan akan mungkin 3% lebih keras pada output. Kebanyakan kompresor yang tersedia dirancang untuk memungkinkan operator untuk memilih rasio dalam rentang biasanya 1:01-20:01, dengan beberapa pengaturan yang memungkinkan hingga ∞: 1. Sebuah kompresor dengan rasio terbatas biasanya disebut sebagai limiter. Kecepatan yang kompresor menyesuaikan gain dari sinyal (disebut serangan) biasanya disesuaikan seperti hasil akhir dari perangkat.
Kompresor aplikasi bervariasi dari kriteria desain sistem tujuan untuk aplikasi subjektif ditentukan oleh varians dalam materi program dan preferensi insinyur. Beberapa kriteria desain sistem tentukan pembatas untuk perlindungan komponen dan mendapatkan kontrol struktur.Manipulasi sinyal Artistik adalah teknik subjektif secara luas digunakan oleh para insinyur campuran untuk meningkatkan kejelasan atau mengubah sinyal kreatif dalam kaitannya dengan materi program. Contoh kompresi artistik kompresi berat yang biasa digunakan pada berbagai komponen dari drum kit rock modern. Drum diproses dianggap sebagai terdengar lebih punchy dan penuh.


Noise Gate

Sebuah noise gate menetapkan ambang batas di mana jika lebih tenang tidak akan membiarkan lulus sinyal dan jika keras itu membuka gerbang. Sebuah fungsi noise gate adalah dalam arti yang berlawanan dengan kompresor. Kebisingan gerbang berguna untuk mikrofon yang akan mengambil suara yang tidak relevan dengan program, seperti dengung penguat gitar listrik atau miked gemerisik kertas di atas podium menteri.
Kebisingan gerbang juga digunakan untuk proses mikrofon ditempatkan di dekat drum dari drum kit di hard rock banyak dan band-band metal. Tanpa noise gate, mikrofon untuk instrumen tertentu seperti lantai tom juga akan mengambil sinyal dari drum terdekat atau simbal. Dengan noise gate, ambang sensitivitas untuk setiap mikrofon pada drum kit dapat diatur sehingga hanya serangan langsung dan pembusukan berikutnya dari drum akan didengar, bukan suara di dekatnya.

Efek

Gema dan menunda efek secara luas digunakan dalam sistem penguatan suara untuk meningkatkan campuran relatif terhadap dampak artistik yang diinginkan dari materi program. Efek modulasi seperti flanger , phaser , dan paduan suara juga diterapkan pada beberapa instrumen. Sebuah exciter "livens up" suara sinyal audio dengan menerapkan pemerataan yang dinamis, manipulasi dan sintesis fase harmonik biasanya sinyal frekuensi tinggi.
Jenis yang sesuai, variasi, dan tingkat efek cukup subjektif dan sering kolektif ditentukan oleh insinyur produksi itu, artis, atau direktur musik. Reverb, misalnya, dapat memberikan efek yang hadir sinyal yang dalam apa pun dari sebuah ruangan kecil untuk sebuah stadion besar, atau bahkan di ruang yang tidak ada di dunia fisik. Penggunaan reverb sering terjadi tanpa disadari oleh penonton, seperti yang sering terdengar lebih alami daripada jika sinyal dibiarkan kering. [10] Penggunaan efek dalam reproduksi musik modern sering dalam upaya untuk meniru suara studio versi musik artis.

Daya amplifier

Power amplifier meningkatkan tingkat sinyal tegangan rendah dan menyediakan tenaga listrik untuk menggerakkan loudspeaker. Semua pembicara membutuhkan amplifikasi daya dari sinyal tingkat rendah oleh amplifier, termasuk headphone. Amplifier audio yang paling profesional juga memberikan perlindungan dari sinyal overdrive, sirkuit pendek di output, dan suhu berlebih. Sebuah limiter sering digunakan untuk melindungi pengeras suara dan amplifier dari overload.
Seperti kebanyakan produk peralatan penguatan suara, amplifier profesional dirancang untuk dipasang dalam standar rak 19-inci . Banyak fitur power amplifier kipas internal untuk menarik udara di heat sink mereka. Karena mereka dapat menghasilkan sejumlah besar panas, disipasi termal merupakan faktor penting bagi operator untuk dipertimbangkan saat pemasangan amplifier ke dalam rak peralatan. [11] Aktif pengeras suara amplifier internal terpasang fitur yang telah dipilih oleh produsen untuk menjadi penguat terbaik untuk digunakan dengan loudspeaker yang diberikan.
Power amplifier menjadi lebih ringan, lebih kecil, lebih kuat dan lebih efisien karena meningkatnya penggunaan catu daya switching danKelas D amplifier , yang menawarkan berat badan yang signifikan dan tabungan ruang serta peningkatan efisiensi. Pada 1970-an dan 1980-an, amplifier PA sebagian besar berat amplifier Kelas AB . Pada akhir 1990-an teknologi ini ringan menyebar ke aplikasi PA. Instalasi di stasiun kereta api, stadion dan bandara, efisiensi tinggi mereka memungkinkan mereka untuk berjalan dengan pendinginan tambahan minimal dan dengan kepadatan rak lebih tinggi dibandingkan dengan amplifier yang lebih tua. Penggunaan kelas A amplifier biasanya terbatas untuk aplikasi studio, tempat kejelasan sangat rinci dari sebuah penguat akan jauh lebih terlihat dan kebutuhan daya yang lebih sedikit.
Digital sistem manajemen loudspeaker (DLMS) yang menggabungkan fungsi Crossover digital, kompresi, membatasi, dan fitur lainnya dalam satu kesatuan telah menjadi populer sejak diperkenalkan mereka. Mereka digunakan untuk memproses campuran dari konsol pencampuran dan rute ke berbagai amplifier digunakan. Sistem dapat mencakup beberapa pengeras suara, masing-masing dengan output sendiri dioptimalkan untuk berbagai frekuensi tertentu (yaitu bass, midrange dan treble). Bi, tri, atau quad penguatan sistem penguatan suara dengan ajudan hasil DLMS dalam lebih efisien penggunaan daya penguat dengan mengirimkan masing-masing hanya penguat frekuensi yang tepat untuk loudspeaker masing-masing. Kebanyakan DLMS unit yang dirancang untuk digunakan oleh non-profesional memiliki fungsi kalibrasi dan pengujian seperti pink noise generator yang digabungkan dengan analisa real-time untuk memungkinkan pemerataan ruangan otomatis.
Jumlah power amplifier digunakan dalam pengaturan kinerja tergantung pada sejumlah faktor, seperti Sound Pressure Level yang diinginkan dari pemain, apakah tempat tersebut dalam ruangan atau di luar ruangan, dan kehadiran kebisingan latar belakang bersaing. Daftar berikut memberikan "aturan ibu jari" kasar untuk jumlah daya penguat yang digunakan dalam pengaturan yang berbeda:
  • "Kecil Vokal" sistem - Sekitar 500 watt
  • "Vokal Besar" sistem - Sekitar 1.000 watt
  • "Klub Kecil" sistem - Sekitar 9.000 watt
  • "Klub besar" sistem - Tentang 18.000 watt
  • "Stadion Kecil" sistem - Tentang 28.000 watt [12]

Transduser output


Pengeras suara Utama


Sebuah array garis besar dengan kapal selam terpisah dan sisi yang lebih kecil mengisi berbagai lini.
Sebuah PA sederhana dan murah loudspeaker mungkin memiliki kisaran penuh tunggal sopir loudspeaker , ditempatkan dalam kandang yang cocok. Lebih rumit, pengeras suara sound profesional kaliber penguatan dapat menggabungkan driver terpisah untuk menghasilkan rendah, menengah, dan tinggi frekuensi suara. Sebuah jaringan Crossover rute frekuensi yang berbeda ke driver yang sesuai. Pada tahun 1960, dimuat tanduk teater pengeras suara dan speaker PA hampir selalu "kolom" dari beberapa driver terpasang dalam garis vertikal dalam kandang tinggi. 1970-an untuk awal 1980-an adalah periode inovasi dalam desain loudspeaker dengan suara banyak perusahaan merancang penguat speaker mereka sendiri.Desain dasar yang didasarkan pada desain umum dikenal dan komponen speaker adalah pembicara komersial. Bidang inovasi desain berada di kabinet, daya tahan, kemudahan pengepakan dan transportasi, dan kemudahan setup. Periode ini juga melihat pengenalan menggantung atau "terbang" dari pengeras suara utama di konser besar. Selama tahun 1980-an pembicara besar manufaktur mulai memproduksi produk standar menggunakan inovasi tahun 1970-an. Ini kebanyakan lebih kecil sistem dua arah dengan 12 ", 15" atau double 15 "woofer dan sopir frekuensi tinggi melekat pada tanduk frekuensi tinggi Tahun 1980 juga melihat awal dari perusahaan loudspeaker terfokus pada pasar penguatan suara.. Akhir tahun 1990 melihat pengenalan array Jalur , di mana array vertikal panjang pengeras suara dengan kabinet yang lebih kecil digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan menyediakan bahkan dispersi dan respon frekuensi. Periode ini juga melihat pengenalan murah lampiran pembicara dibentuk plastik dipasang di tripod berdiri. Banyak fitur built-in power amplifier yang membuat mereka praktis untuk non-profesional untuk mendirikan dan beroperasi dengan sukses. Kualitas suara yang tersedia dari 'speaker bertenaga' sederhana sangat bervariasi tergantung pada pelaksanaannya.
Sistem penguatan suara loudspeaker menggabungkan sirkuit perlindungan Banyak, mencegah kerusakan dari kekuasaan yang berlebihan atau kesalahan operator. Resistor koefisien temperatur positif, khusus pembatas arus bola lampu, dan circuit-breaker yang digunakan sendiri atau dalam kombinasi untuk mengurangi kegagalan driver. Selama periode yang sama, industri penguatan suara profesional membuat Neutrik Speakon NL4 dan NL8 konektor konektor input standar, menggantikan 1 / 4 "jack, konektor XLR , dan Cannon multipin konektor yang semuanya dibatasi maksimum 15 amps dari sekarang. konektor XLR masih konektor input standar pada lemari loudspeaker aktif.
Ketiga jenis transduser adalah subwoofer , driver kompresi, dan tweeter. Mereka semua fitur kombinasi dari voicecoil , magnet kerucut, ataudiafragma , dan kerangka atau struktur. Pengeras suara memiliki rating daya (dalam watt ) yang menunjukkan kapasitas daya maksimum mereka, untuk membantu pengguna menghindari menguasai mereka. Terima kasih untuk usaha dari Masyarakat Teknik Audio (AES) dan kelompok industri loudspeaker ALMA, kekuasaan-penanganan menjadi lebih dapat dipercaya spesifikasi, meskipun adopsi standar EIA-426-B adalah jauh dari universal. Sekitar pertengahan 1990-an trapesium -berbentuk kandang menjadi populer sebagai bentuk ini memungkinkan banyak dari mereka untuk dapat dengan mudah tersusun bersama-sama.
Sejumlah perusahaan kini membuat ringan, sistem speaker portabel untuk tempat kecil yang rute frekuensi rendah bagian dari musik (bass listrik, bass drum, dll) untuk powered subwoofer . Routing energi frekuensi rendah ke amplifier terpisah dan subwoofer secara substansial dapat meningkatkan bass-respon sistem. Juga, kejelasan dapat ditingkatkan, karena frekuensi rendah suara mengambil banyak kekuatan untuk memperkuat; dengan hanya penguat tunggal untuk spektrum suara keseluruhan, haus kekuasaan frekuensi rendah suara dapat mengambil jumlah yang tidak proporsional daya sistem suara yang .
Sistem penguatan suara pembicara profesional sering termasuk perangkat keras yang didedikasikan untuk "terbang" mereka di atas area panggung, untuk memberikan lebih bahkan cakupan suara dan untuk memaksimalkan garis pandang dalam tempat kinerja.
Jumlah pembicara kandang yang digunakan dalam kinerja sangat bervariasi, tetapi daftar berikut memberikan gambaran kasar tentang berapa banyak lemari yang digunakan dalam sebuah tempat yang khas:
  • "Kecil Vokal" sistem - Dua speaker lengkap terpasang pada tripod berdiri.
  • "Vokal Besar" sistem - Empat penuh jangkauan speaker untuk wide-area cakupan.
  • "Klub Kecil" sistem - Dua subwoofer dan dua speaker pertengahan / tinggi.
  • "Klub besar" sistem - Empat subwoofer dan empat pembicara pertengahan / tinggi.
  • "Stadion Kecil" sistem - Empat subwoofer, empat speaker mid-bass, dan empat pembicara pertengahan / tinggi. [12]


Memantau pengeras suara


Memantau pengeras suara , juga disebut 'foldback' pengeras suara, adalah pembicara lemari yang digunakan di atas panggung untuk membantu pemain untuk mendengar nyanyian mereka atau bermain. Dengan demikian, speaker monitor adalah menunjuk ke arah pemain atau bagian dari panggung. Mereka umumnya dikirim campuran yang berbeda dari vokal atau instrumen daripada campuran yang dikirimkan ke sistem loudspeaker utama. Lemari loudspeaker sering memantau bentuk baji, mengarahkan ke atas output mereka terhadap pelaku ketika diatur di lantai panggung. Dua arah, desain sopir ganda yang umum sebagai monitor pengeras suara perlu lebih kecil untuk menghemat ruang di atas panggung. Pengeras suara ini biasanya membutuhkan lebih sedikit daya dan volume dari sistem loudspeaker utama, karena mereka hanya perlu memberikan suara untuk beberapa orang yang berada dalam jarak relatif dekat dengan loudspeaker.Beberapa produsen telah dirancang pengeras suara untuk digunakan baik sebagai komponen dari suatu sistem PA kecil atau sebagai loudspeaker monitor.
Menggunakan speaker monitor bukan di telinga monitor biasanya menghasilkan peningkatan volume panggung, yang dapat menyebabkan masalah lebih banyak umpan balik dan kerusakan pendengaran yang progresif untuk pemain di depan mereka. [13] Kejelasan campuran untuk pelaku di atas panggung adalah juga biasanya tidak sejelas mereka mendengar lebih banyak suara asing dari sekitar mereka.Penggunaan pengeras suara monitor, aktif atau pasif, membutuhkan kabel lebih dan gigi di panggung, sehingga dalam tahap bahkan lebih berantakan. Faktor-faktor, antara lain, telah menyebabkan meningkatnya popularitas di telinga monitor.

In-Ear Monitor


Sepasang cocok universal di-telinga monitor. Model khusus ini adalah Etymotic ER-4S
In-ear monitor adalah headphone yang telah dirancang untuk digunakan sebagai monitor oleh pemain hidup. Mereka adalah salah satu dari "fit universal" atau "custom sesuai" desain. Cocok universal dalam monitor telinga fitur kiat karet atau busa yang dapat dimasukkan ke dalam telinga hampir siapa pun. Custom sesuai di monitor telinga diciptakan dari kesan dari telinga pengguna yang telah dibuat oleh audiolog . In-ear monitor hampir selalu digunakan dalam hubungannya dengan sistem transmisi nirkabel, yang memungkinkan pemain untuk secara bebas bergerak panggung sambil mempertahankan bauran monitor mereka.
In-ear monitor menawarkan isolasi yang cukup untuk pemain menggunakan mereka, yang berarti bahwa insinyur dapat kerajinan memantau campuran jauh lebih akurat dan jelas untuk pelaku.Sebuah Kelemahan isolasi ini adalah bahwa pemain tidak dapat mendengar orang atau artis lain di panggung yang tidak memiliki mikrofon. Ini telah diperbaiki dengan produksi yang lebih besar dengan menyiapkan sepasang mikrofon pada setiap sisi panggung menghadapi audiens yang dicampur ke dalam telinga memantau mengirim. [13]
Sejak diperkenalkan pada pertengahan 1980-an, di-telinga monitor telah berkembang menjadi pilihan paling populer untuk pemantauan tindakan tur besar. Pengurangan atau penghapusan pengeras suara amplifier instrumen lain selain di atas panggung telah memungkinkan untuk situasi pencampuran bersih dan kurang bermasalah untuk kedua depan rumah dan insinyur monitor. Umpan balik adalah lebih mudah untuk mengelola dan ada suara kurang mencerminkan dari dinding belakang panggung ke penonton, yang mempengaruhi kejelasan dari campuran depan rumah insinyur berupaya untuk menciptakan.

Saduran Wikipedia

0 komentar: