Selasa, 29 November 2011

Uji Lapangan

Menyiapkan dan pengujian

Sound system skala besar penguatan dirancang, dipasang, dan dioperasikan oleh para insinyur audio dan teknisi audio. Selama tahap desain tempat yang baru dibangun, insinyur audio yang bekerja dengan arsitek dan kontraktor, untuk memastikan bahwa desain yang diusulkan akan mengakomodasi speaker dan memberikan ruang yang sesuai untuk teknisi suara dan rak peralatan audio. Insinyur suara juga akan memberikan saran yang komponen audio terbaik akan sesuai dengan ruang dan penggunaan yang dimaksudkan, dan penempatan yang benar dan pemasangan komponen ini. Selama tahap instalasi, insinyur suara memastikan bahwa daya tinggi komponen listrik yang terpasang dan terhubung dengan aman dan bahwa langit-langit atau dinding mount speaker dipasang dengan benar (atau "terbang") ke tali temali . Ketika komponen penguatan suara diinstal, para insinyur suara pengujian dan kalibrasi sistem sehingga produksi suara yang akan lebih di seluruh spektrum frekuensi.


Sistem pengujian

Sebuah sistem penguatan suara harus mampu secara akurat mereproduksi sinyal dari input, melalui proses pengolahan, untuk output tanpa warna atau distorsi. Namun, karena inkonsistensi dalam ukuran tempat, bentuk, bahan bangunan, dan bahkan kepadatan kerumunan, hal ini tidak selalu mungkin tanpa kalibrasi sebelumnya dari sistem. Hal ini dapat dilakukan di salah satu dari beberapa cara.
Metode tertua dari sistem kalibrasi melibatkan satu set telinga sehat, uji materi program (yaitu musik atau pidato), equalizer grafis, dan terakhir tetapi tentu tidak sedikit, keakraban dengan respon (atau diinginkan) frekuensi yang tepat. Satu kemudian harus mendengarkan materi program melalui sistem, mengambil catatan dari setiap perubahan frekuensi resonansi terlihat atau, dan halus benar mereka menggunakan equalizer. Insinyur yang berpengalaman biasanya menggunakan daftar putar musik tertentu setiap kali mereka mengkalibrasi sistem yang mereka telah menjadi sangat akrab dengan. Proses ini masih dilakukan oleh para insinyur banyak, bahkan ketika peralatan analisis yang digunakan, sebagai pemeriksaan terakhir tentang bagaimana sistem suara dengan musik atau pidato bermain melalui sistem.
Metode lain kalibrasi manual membutuhkan sepasang headphone berkualitas tinggi ditambal ke sinyal masukan sebelum proses pengolahan (seperti pra-fade-dengarkan saluran menguji program masukan dari konsol pencampuran, atau output headphone dari pemutar CD atau tape deck). Satu maka dapat menggunakan sinyal langsung sebagai referensi hampir sempurna yang dapat digunakan untuk menemukan perbedaan dalam respons frekuensi. Metode ini mungkin tidak sempurna, tetapi bisa sangat membantu dengan sumber daya terbatas atau waktu, seperti menggunakan pra-acara musik untuk mengoreksi perubahan respon yang disebabkan oleh kedatangan orang banyak. [17]
Karena ini masih merupakan metode yang sangat subjektif dari kalibrasi, dan karena telinga manusia begitu dinamis dalam menanggapi sendiri, materi program yang digunakan untuk pengujian harus semirip mungkin dengan yang sistem sedang digunakan.
Karena perkembangan pemrosesan sinyal digital (DSP), ada banyak potongan peralatan dan perangkat lunak komputer yang dirancang untuk menggeser sebagian besar pekerjaan kalibrasi sistem dari interpretasi pendengaran manusia untuk algoritma perangkat lunak yang berjalan pada mikroprosesor.
Satu alat untuk kalibrasi sistem suara baik menggunakan DSP atau Pemrosesan Sinyal Analog adalah Real Time Analyzer (RTA). Alat ini biasanya digunakan oleh pipa pink noise ke dalam sistem dan mengukur hasilnya dengan mikrofon dikalibrasi khusus terhubung ke RTA.Menggunakan informasi ini, sistem dapat disesuaikan untuk membantu mencapai respon yang diinginkan. Tanggapan ditampilkan dari mic RTA tidak dapat diambil sebagai representasi sempurna dari ruangan sebagai analisis akan berbeda, kadang-kadang drastis, ketika mic ditempatkan di posisi yang berbeda di depan sistem.
Baru-baru ini, insinyur suara telah melihat pengenalan ganda FFT (fast Fourier transform-) berdasarkan analisis perangkat lunak audio yang memungkinkan seorang insinyur untuk melihat tidak hanya frekuensi vs amplitudo (pitch vs volume) informasi bahwa RTA menyediakan, tetapi juga untuk melihat sama sinyal (suara) dalam domain waktu. Ini menyediakan insinyur dengan data jauh lebih bermakna daripada saja RTA. Juga, ganda analisis FFT memungkinkan seseorang untuk membandingkan sinyal sumber dengan sinyal output dan melihat perbedaannya. Ini adalah cara yang sangat cepat untuk mengkalibrasi sistem untuk suara sebagai sedekat mungkin dengan bahan sumber aslinya. Seperti halnya alat ukur seperti itu, harus selalu diverifikasi menggunakan telinga manusia yang sebenarnya.
Beberapa perangkat sistem pengolahan DSP telah dirancang untuk digunakan oleh non-profesional yang secara otomatis membuat penyesuaian dalam sistem EQ berdasarkan apa yang dibaca dari mic RTA. Ini hampir tidak pernah digunakan oleh para profesional, karena mereka hampir tidak pernah mengkalibrasi sistem serta insinyur audio profesional dapat secara manual.

0 komentar: